Dasar Pemrograman Web

web

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi data digital baik berupa teks, gambar, animasi, suara dan video atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur koneksi internet sehingga dapat diakses dan dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.

Jenis-jenis Website

Ada berbagai jenis website, secara umum dibagi menjadi 3 jenis, yaitu website statis, dinamis dan interaktif.

Website statis yaitu jenis website yang isinya tidak diperbaharui secara berkala, sehingga isinya dari waktu ke waktu akan selalu tetap, misalnya website profil perusahaan.

Website dinamis yaitu website yang isinya terus diperbaharui secara berkala oleh pengelola website.

Website interaktif adalah website dinamis, dimana isi informasinya selalu berubah, isi informasi tidak hanya diubah oleh pengelola website tetapi juga diubah oleh pengguna website tersebut. Contohnya, tokopedia, bukalapak, dll.

Pengertian Pemrograman Web

Adalah kegiatan pembuatan program atau aplikasi berbasis web menggunakan Bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat memproses data dan menghasilkan informasi sesuai yang dikehendaki oleh pemilik website.

Bahasa Pemrograman Web

Bahasa pemrograman web terdiri dari beberapa unsur Bahasa. Setidaknya terdapat 5 bahasa utama yang biasa digunakan dalam membuat website dinamis dimana masing-masing memiliki perannya sendiri-sendiri, yaitu sebagai berikut :

HTML

Berperan sebagai pembentuk struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan.

CSS

Berperan sebagai pembentuk desain website dengan mengatur setiap elemen HTML agar tampil menarik pada browser.

PHP

Berperan sebagai pemroses data pada sisi server sesuai yang diminta oleh cient menjadi informasi yang siap ditampilkan, juga sebagai penghubung apalikasi web dengan database. Contoh Bahasa lain : ASP, Java, dll.

SQL

Berperan sebagai Bahasa yang mengatur transaksi data antara aplikasi dengan database sebagai tempat penyimpanan data.  Contohnya : MySQL, Oracle, SQL Server, dll.

JavaScript

Berperan sebagai bahasa yang memroses data pada sisi client serta dapat memanipulasi HTML dan CSS dinamis.

 

Dari 5 hal di atasa, telah berkembang menjadi bentuk lain, ada yang berupa library seperti jQuery yang merupakan library function JavaScript dan ada yang berupa framework seperti Bootstrap yang memudahkan pemrograman dan desain website lebih cepat.

Aplikasi Pengembang Web

Untuk pengembangan aplikasi web tentu dibutuhkan berbagai macam aplikasi yang membantu web programmer dalam merancang, menuliskan skrip program maupun menampilkan hasil program. Berikut ini berbagai aplikasi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi web :

Web Authoring

Web Authoring merupakan perangkat lunak yang biasanya bersifat “WYSIWYG” (What You See Is What You Get) yaitu apa yang dilihat merupakan apa yang akan dihasilkan. Aplikasi jenis ini sangat memudahkan bagi pemula, karena setiap mengetikkan skrip program langsung terlihat hasilnya. Juga ada fasilitas drag and drop. Yang termasuk aplikasi jenis ini di antarnya : Adobe Dreamweaver, Nvu, Microsoft Expression Web, dll.

Text Editor

Text editor memiliki fungsi yang sama dengan web authoring, yaitu mengetikkan skrip program, hanya saja tidak bersifat WYSIWYG, sehingga untuk menampikkan hasilnya memerlukan web browser. Namun, karena lebih ringan dan lisensinya kebanyakan open source banyak juga yang lebih memilih menggunakan text editor. Yang termasuk aplikasi jenis ini di antaranya : Notepad, Notepad++, Sublime Text, Bracket, dll.

Web Browser

Web browser digunakan untuk menampilkan dan mengetes hasil program. Beberapa skrip CSS3 dan HTML5 ada yang hanya support pada web browser tertentu.

Web Server

Web server merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protocol HTTP atau HTTPS dari client kemudian mengirimkan kembali dalam bentuk halaman-jalaman web. Contoh yang termasuk web server adalah Apache. Dalam penggunaannya, biasanya sudah jadi satu paket dengan PHP dan MySQL diantaranya Xampp dan Appserv.

Istilah-istilah Pemrograman Web

Server : computer khusus dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan di atas computer biasa yang digunakan sebagai tempat pemrosesan data dan sebagai tempat penyimpanan file-file website.

Client : computer atau smartphone yang dapat mengakses halaman web.

Domain : nama unik yang mewakili alamat IP dari server website .

Hosting : tempat menyimpan file-file website pada sebuah server di internet.

URL : Uniform Resources Locator, nama unik yang mengidentifikasi letak sumber daya website berupa file HTML, gambar, dll.

HTTP : Hypertext Transfer Protocol yaitu protocol yang mengatur pengiriman data dari client ke server atau sebaliknya dan menerjemahkannya menjadi informasi di web.

 

Sumber :

7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula

Rohi Abdulloh